Minggu, 13 Mei 2012

JENIS-JENIS RESTAURANT dan HOTEL RESTAURANT


Restoran menurut Marsum (1994), Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.
Selain menjelaskan tentang pengertian restoran, Marsum membagi restoran ke dalam 9 tipe berbeda, yaitu:
1.       Table D’ hote Restaurant adalah suatu restoran yang khusus menjual makanan menu table d’ hote, dimana restoran ini menyediakan menu makanan yang lengkap,mulai dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup. Menu setiap hidangan telah ditentukan harganya masing-masing, dengan harga yang bervariasi dari tiap menu yang disajikan.
2.        Coffee Shop atau Brasserie adalah suatu restoran yang biasanya ada pada sebuah hotel, dimana menyediakan berbagai macam menu bagi setiap tamu yang ada, baik menu makan pagi, makan siang dan makan malam. Hal ini dimaksudkan agar tamu hotel tidak perlu pergi ke luar hotel untuk mencari makan, dimana di dalam hotel telah tersedia tempat makan yang biasanya penyajiannya dalam bentuk prasmanan secara cepat dan tentunya dengan harga yang relatif murah.
3.       Cafetaria atau CafĂ© adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Cafe ini biasanya di desain secara apik, agar bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk ngobrol, nogkrong bahkan dijadikan tempat untuk membicarakan bisnis. Selain itu, ada tambahan hiburan menarik seperti musik yang disediakan cafe tersebut agar menambah daya tarik bagi para pengunjung.
4.       Canteen atau Kantin adalah suatu restoran yang biasanya terdapat pada sebuah gedung kantor, pabrik atau sekolah. Layaknya seperti restoran lainnya, kantin juga menyajikan menu yang cukup lengkap dan tentunya dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan restoran besar lainnya.
5.       Dining Room, adalah suatu restoran yang biasanya terdapat pada sebuah hotel kecil (motel), merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa lainnya. Kelebihan lain dari Dining Room ini yaitu tempat makan tidak hanya disediakan bagi para tamu yang sedang menginap di motel tersebut saja, tetapi  juga terbuka bagi para tamu dari luar yang ingin menikmati menu makanan yang ada di motel tersebut.
6.       Inn Tavern adalah suatu restoran yang tidak berada dalam suatu kawasan tertentu, melainkan dikelola oleh perorangan sebagai suatu usaha. Tentu harga makanan disini lebih relatif murah dibandingkan dengan restoran lainnya.
7.       Pizzeria adalah suatu restoran yang didirikan khusus untuk menjual Pizza. Restoran ini sangat tepat bagi para pecinta makanan khas italia seperti Pizza, Spagheti, dan makanan khas italia lainnya.
8.       Speciality Restaurant adalah suatu restoran yang khusus menyediakan makanan khas dari suatu negara, suasana dan dekorasinya juga disesuaikan dengan ciri dari suatu negara tersebut. Selain itu, pelayanan yang disediakan berdasarkan tata cara negara tempat asal makanan spesial tersebut. Contohnya restoran cina, dimana di restoran ini hanya menyediakan berbagai macam makanan khas dari negara China saja, suasana restoran dan para pelayannya juga disesuaikan dengan negara Cina. Selain restoran cina masih banyak lagi restoran dari negara lainnya seperti Jepang, India, Italia dan sebagainya.
9.       Familly Type Restaurant adalah suatu restoran sederhana yang dikhususkan bagi tamu rombongan suatu keluarga, restoran ini juga menghidangkan makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal. Selain itu, restoran tipe ini sangat cocok untuk acara kumpul dan bercengkrama bersama keluarga besar.
Jenis restauran secara umum:
1.       FAST FOOD
Menawarkan menu yang terbatas, makanannya sudah disiapkan terlebih dulu, dimasak dalam jumlah besar dan disimpan panas. Biasanya kita harus memesan dan mengambil sendiri pesanan kita, meskipun duduk juga bisa. Restaurant cepat saji biasanya adalah bisnis waralaba. Kata "fast food" dimasukan dalam kamus oleh Merriam-Webster tahun 1951.McDonald dan KFC adalah beberapa bisnis waralaba terkenal didunia. Keunggulannya ada dikecepatan. Apabila kamu ingin membuka bisnis waralaba ini biayanya akan lebih mahal daripada membuka restaurant independen.
2.       FAST CASUAL
Sebuah restaurant kasual cepat adalah jenis restoran yang tidak menawarkan layanan meja penuh tetapi menjanjikan kualitas makanan dan suasana yang lebih dari sebuah restoran cepat saji tapi masih dibawah Casual dinning. Ini adalah konsep yang relatif baru. Biasanya kita bisa melihat proses makanan kita dibuat.
3.       CASUAL DINNING
Restaurant yang melayani hampir semua jenis orang. Orang-orang pergi di sini untuk dapat memiliki banyak pilihan makanan dan menikmati suasana santai. Harga makanan di restaurant ini biasanya tidak begitu tinggi. Kamu akan mendapatkan pelayanan meja disini.
4.       FAMILY STYLE
Memiliki banyak pilihan menu dari untuk anak anak sampai dewasa. Biasanya banyak mempunyai meja yang besar.
5.       FINE DINNING
Restaurant dengan layanan penuh dengan makanan yang lebih spesifik, khusus dan berkelas.Biasanya dari dekorasi restaurantnya saja sudah berkualitas tinggi dengan suasana elegant yang ingin diciptakan oleh restaurant tersebut. Waiter sangat terlatih dan memakai pakaian yang lebih formal. Chef yang sudah sangat profesional akan memberi sentuhan dan racikan masakan yang mahal tapi layak untuk dinikmati. Restoran fine dining memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh pengunjungnya.

Jenis-Jenis Restoran HOTEL

Dalam satu Hotel Besar biasanya ada lebih dari satu Restaurant, pada umumnya restaurant dalam satu Hotel dapat dibedakan atas:
  1. Dining Room (main restaurant), biasanya menggunakan peralatan yang mewah dengan tata dekorasi yang indah dan mewah, dilengkapi dengan hiburan seperti permainan piano. Jenis makanan dan minuman yang dijual lengkap dengan penyajian yang sempurna. Menu (daftar makanan) yang digunakan adalah jenis Ala Carte dan juga Table d'hote. Pada intinya Dining Room dibuka pada malam hari dan terkadang di pagihari saat Breakfast (sarapan).
  2. Super Club, pada umumnya serupa dengan Dining Room, yang dilengkapi tempat tamu menari (floor dance). Disamping secara tetep dibuka untuk dinner (makan malam), sering pula digunakan untuk luncheon (makan siang).
  3. Coffe Shop, biasanya menggunakan peralatan, dekorasi , dan cara pelayanan yang sederhana. Menunya sangat sederhana baik Ala Carte maupun Table d'hote. Pada umumnya Cofee Cup buka selama 24 jam.
  4. Speciality Restaurant, restaurant jenis ini mempunyai ciiri khas tertentu, yang termasuk kedalam golongan ini seperti :
1)      Restaurant yang menjual makanan dari suatu negara atau benua, misalnya : Japanese Restaurant, Chinese restaurant, dan Europan restaurant.
2)      atau menggunakan cara masak tertentu, misalnya : Grill Restaurant ( khusus menjual makanan yang dipanggang), dan Fish Restaurant ( khusus menjual makanan dari jenis ikan)
3)      restaurant dari jenis Cafetaria, dll.

1 komentar:

  1. susah cari kerja?
    bosan sama kerjaan yang sekarang?
    atau sudah punya kerjaan tapi uangnya belum cukup juga?

    ayoo.. ikut saya jadi jutawan dengan mudah, halal, legal dan bukan MLM
    klik di http://rejekinet.com/?id=meilita
    cek this out!!!!

    BalasHapus